JPCC Sunday – 02 January 2022
By : Ps Ary M Wibowo
Devoted | Devoted
In Christ (Devoted in Jesus)
______________________
Weekly Verse :
“Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu.”
‭‭Markus‬ ‭12:30‬ ‭TB‬‬
______________________
Sermon:

Terkadang saya menang, terkadang saya belajar.
Seringkali kita mendengar kata kegagalan adalah sebuah kesuksesan yang tertunda yang kedengaran nya klise, tetapi pertanyaan berikut nya adalah belajar untuk apa?
Sering kita dengar org menjawab : Belajar untuk menjadi lebih baik.
Apa definisi belajar menjadi lebih baik? Lebih baik dalam hal apa?

“Sometimes it’s not about winning. It’s about playing”
(Terkadang hal kita alami bukan tentang kemenangan, tapi tentang bagaimana kita menikmati permainan / proses nya)

Bagaimana memastikan kalau kita benar2 menikmati permainan / proses dalam kehidupan yang kita jalani?

“ketika itulah Tuhan Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.”
‭‭Kejadian‬ ‭2:7‬ ‭TB‬‬

“And the LORD God formed man of the dust of the ground, and breathed into his nostrils the breath of life; and man became a living soul.”
‭‭Genesis‬ ‭2:7‬ ‭KJV‬‬

Tuhan membentuk sosok manusia dari debu tanah, tapi menghidupkan manusia melalui nafas Nya sendiri.
Itulah mengapa didalam diri kita terdapat citra Tuhan, karena kita diciptakan melalui nafas hidup Nya menjadi serupa dengan Nya. Image of God.

Breathed Into = berasal dari kata Inspirare yang berarti
In : Didalam
Spirare : Roh atau Spirit

Kata inilah yang kemudian menjadi inspirasi.
Kita diciptakan melalui inspirasi Allah.
Kita menjadi manusia yang hidup melalui nafas hidup yang dihembuskan dari Tuhan kepada kita.

Tuhan mendedikasikan nafas hidup Nya sendiri untuk menjadikan manusia hidup.

Apa makna / implikasi dari Manusia yg hidup?
1.Manusia yang hidup bisa mengambil keputusan dan bertindak atas keputusan nya tersebut / sesuai kehendak nya.

Orang yang mati, tidak dapat berlaku demikian.
Image of God = memiliki status tanggung jawab terhadap hal yang kita lakukan.
Jika kita memiliki kesempatan untuk memilih untuk mengambil keputusan dan bertindak, apakah kita memilih untuk melakukan hal tersebut sesuai kehendak kita saja / kita memilih melakukan sesuai dengan kehendak Tuhan?

Manusia yang hidup memiliki kehendak untuk mengambil keputusan dan bertindak serta mempertanggungjawabkan keputusan dan tindakannya tersebut di hadapan Tuhan.

2.Manusia yang hidup diberikan hak istimewa akses komunikasi langsung kepada Tuhan.

Ketika manusia jatuh kedalam dosa, maka ia tidak bisa mempertanggungjawabkan segala bentuk tindakan nya tersebut yang bertentangan dengan kehendak Tuhan.
Akses tersebut menjadi terhambat karena dosa yang ada dilakukan oleh kita.
Maka diperlukan Firman Allah yang hidup melalui Yesus Kristus untuk memulihkan hubungan / akses yang terhambat tersebut.

Ketika akses pulih, maka kita bisa melihat ada tanggung jawab terhadap hidup yang kita jalani.
Tanggung jawab untuk Hidup yang lebih baik arti nya adalah melakukan segala tindakan bukan berdasarkan kehendak kita sendiri saja, tapi bagaimana bisa melibatkan Tuhan supaya kehendak Nya terjadi dalam hidup kita.

Bagaimana kita bisa membangun keselarasan kehendak kita dengan kehendak Tuhan?
Apa yang menjadi tolak ukur hidup yang menyelaraskan dengan kehendak Tuhan?

“Aku katakan ”di dalam Kristus”, karena di dalam Dialah kami mendapat bagian yang dijanjikan – kami yang dari semula ditentukan untuk menerima bagian itu sesuai dengan maksud Allah, yang di dalam segala sesuatu bekerja menurut keputusan kehendak-Nya – supaya kami, yang sebelumnya telah menaruh harapan pada Kristus, boleh menjadi puji-pujian bagi kemuliaan-Nya. Di dalam Dia kamu juga – karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu – di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu. Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.”
‭‭Efesus‬ ‭1:11-14‬ ‭TB‬‬

Hanya didalam Dia lah kita bisa mengambil keputusan2 yang selaras dengan kehendak Nya.

Tuhan bekerja dalam segala sesuatu menurut kehendak Nya.

Devoted = Proskartereo = kesetiaan, loyalitas sebagai orang percaya kepada Tuhan dengan mengambil keputusan dan tindakan untuk secara konsisten menunjukkan kekuatan didalam kesulitan, untuk bertahan dengan teguh, dan berada di arah yang tetap.

Ini adalah gambaran seseorang yang percaya dengan Iman kepada Kristus dan mau melakukan kehendak Nya.
Seperti sebuah bangunan yang besar tinggi keatas, bisa ditopang dengan seberapa dalam dan kuat nya fondasi dibawah yg menopang nya.

Demikian juga dengan kehidupan kita, seberapa tinggi dan luas nya kehidupan yang kita bangun keatas, akan ditentukan dengan seberapa kuatnya fondasi yang kita miliki dan dibangun dengan Iman serta berpegang pada Firman Tuhan.

“Maka kata Yesus sekali lagi: ”Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Akulah pintu ke domba-domba itu. Semua orang yang datang sebelum Aku, adalah pencuri dan perampok, dan domba-domba itu tidak mendengarkan mereka. Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput. Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan. Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya; sedangkan seorang upahan yang bukan gembala, dan yang bukan pemilik domba-domba itu sendiri, ketika melihat serigala datang, meninggalkan domba-domba itu lalu lari, sehingga serigala itu menerkam dan mencerai-beraikan domba-domba itu. Ia lari karena ia seorang upahan dan tidak memperhatikan domba-domba itu.”
‭‭Yohanes‬ ‭10:7-13‬ ‭TB‬‬

Pintu adalah sebuah simbol dari sebuah akses. Jika pintu tersebut tertutup, maka sulit untuk kita mendapatkan akses.

Yesus berkata bahwa Ia adalah gembala yang baik.
Seorang gembala yang baik akan menjaga dan merawat kita untuk berkembang dan bertumbuh dipadang rumput.

Padang rumput adalah gambaran kehidupan yang sesuai dengan kehendak Tuhan bagi kita.

Bagian hidup yang berkelimpahan dapat terjadi ketika kita bisa hidup selaras dengan kehendak Tuhan melalui hikmat Ilahi untuk mengambil keputusan dalam tindakan yang kita lakukan.

Untuk menemukan padang rumput tersebut, kita harus hidup devoted / setia untuk terus mencari apa yang menjadi kehendak Tuhan dalam hidup kita.

Devoted : proses untuk masuk kepada pintu yang terbuka, diam setia dan loyal mengakar, sehingga kota dapat hikmat Ilahi yang datang dari Tuhan dan kita bisa membangun hidup yang selaras dengan kehendak Tuhan.

Ada 3 langkah yang saudara bisa lakukan untuk mengawali tahun baru ini.
1.Revisit
Tinjau ulang dan lihat bagaimana saudara mengambil keputusan-keputusan selama ini. Apakah sesuai dengan kehendak Tuhan atau kehendak sendiri? Evaluasi setiap proses dan hasil yang terjadi.

2.Recalibrate
Kalibrasi ulang / sesuaikan kembali hikmat yang selama ini saudara lakukan dalam mengambil keputusan apakah sesuai dengan hikmat yang Tuhan inginkan dalam hidup saudara. Sesuaikan dengan hikmat devotion saudara melalui hubungan yang intim bersama dengan Tuhan.
Tinggalkan cara berfikir lama yang salah tahun lalu, dan mulai bentuk cara berfikir yang baru yang sesuai dengan kehendak Tuhan.

3.Reorient
Ketika menemukan arah yang salah dalam kehidupan saudara, jangan dibiarkan diam terlalu lama, tapi segera berbalik kepada jalan yang sesuai dengan arah yang Tuhan inginkan dalam hidup saudara.

Baca dan renungkan serta lakukan Firman Tuhan setiap hari.

God Bless
www.grfaith.net

Written by : GR Faith

Subscribe To GRFaith Newsletter

BE NOTIFIED ABOUT NEW SERMONS OF THE WEEK

Thank you for your message. It has been sent.
There was an error trying to send your message. Please try again later.

Blessed to be a blessing

Leave A Comment