JPCC Sunday – 24 Juli 2022
By : Ps Sidney Mohede
Devoted | Imamat Yang Rajani
Jesus the Great High Priest
_____________________
Weekly Verse :

“Sesungguhnya, seorang raja akan memerintah menurut kebenaran, dan pemimpin-pemimpin akan memimpin menurut keadilan,”
‭‭Yesaya‬ ‭32:1‬ ‭TB‬‬
_____________________
Sermon :

Identitas kita dalam kehidupan kita adalah seorang imam yang memimpin hidup kita.
Namun banyak orang yang belum mengerti ini dalam kehidupan nya, dan berfikir ada perbedaan antara saudara dengan orang orang yang melayani / seorang pastor. Tapi kenyataan nya adalah kita memiliki Tuhan yang sama.

Kuasa dan otoritas yang ada didalam kehidupan saudara adalah sama dengan kuasa dan otoritas dari para hamba Tuhan.
Hal ini karena kita memiliki Tuhan yang sama. Kuasa Roh Kudus sama buat kita semua orang percaya.

Saudara dan saya adalah seorang imam. Untuk membantu saudara mengerti bahwa kita semua adalah sebagai Imam dalam kehidupan kita ada kisah Adam dan Hawa : Adam dan Hawa adalah manusia pertama ciptaan Tuhan sebagai simbol kasih dan cinta Tuhan kepada manusia. Allah memberikan tugas kepada Adam sebagai raja dan imam untuk memimpin semua yang ada di dunia.

Namun Adam jatuh dalam dosa. Membuat hubungan manusia putus dengan Tuhan. Dosa membuat manusia menjadi jauh dengan Tuhan.
Ketika dosa masuk kedalam kehidupan manusia, pada jaman mula2 dulu, manusia tidak bisa langsung masuk kedalam hadirat Tuhan, tapi manusia membutuhkan pimpinan Imam untuk masuk kedalam hadirat Tuhan.

Tuhan berusaha dari generasi ke generasi untuk bisa menjalin hubungan Nya dengan manusia. Kisah ini muncul dengan lahir nya Yesus sebagai Imam dan penyambung antara Tuhan dan manusia untuk bisa terhubung kembali melalui kasih.

Jaman dulu hadirat Tuhan itu ada pada Imam dan Imam itu hanya ada satu keturunan.
Pada waktu Yesus lahir dan dibaptis pertama kali, Dia mulai melakukan pelayanan Nya, melakukan tugas para Imam dan semua yang Yesus lakukan itu diluar otoritas dan wewenang para Imam yang saat itu sudah mulai sombong karena para Imam saat itu hanya mengajarkan tradisi dan agamawi saja.

Namun Yesus menantang para Imam itu dengan tradisi2 yang ada saat itu, karena apa yang Yesus lakukan dalam pelayanan Nya menggunakan Kasih bukan hanya tradisi keagamaan saja. Dan ini membuat Yesus ditangkap dan diadili oleh para Imam dan Imam besar (Kayafas).

“Jawab Yesus: ”Engkau telah mengatakannya. Akan tetapi, Aku berkata kepadamu, mulai sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit.””
‭‭Matius‬ ‭26:64‬ ‭TB‬‬

Yesus di tangkap, di siksa sampai mati di kayu salib. Ketika Yesus wafat dikayu salib, tirai yg ada di bait suci para Imam saat itu terbelah dua. Dan saat itu juga lah, terjadi hadirat Tuhan yang selalu ada untuk kita manusia, dan semua nya itu berkat kasih karunia Yesus yang wafat di kayu salib (penebusan Nya atas dosa2 kita).

“Yesus mendekati mereka, dan berkata, “Seluruh kuasa di surga dan di bumi sudah diserahkan kepada-Ku. Sebab itu pergilah kepada segala bangsa di seluruh dunia, jadikanlah mereka pengikut-pengikut-Ku. Baptiskan mereka dengan menyebut nama Bapa, dan Anak, dan Roh Allah. Ajarkan mereka mentaati semua yang sudah Kuperintahkan kepadamu. Dan ingatlah Aku akan selalu menyertai kalian sampai akhir zaman.””
‭‭Matius‬ ‭28:18-20‬ ‭BIMK‬‬

Pergilah, jadilah contoh buat orang banyak didunia ini supaya semua orang bisa melihat kemuliaan Tuhan kita.
Bukan hanya tradisi dihari minggu, tapi ibadah dan pelayanan kita ada pada setiap hari ditengah dunia yang membutuhkan contoh akan kemuliaan Tuhan.

“Tetapi kalian adalah bangsa yang terpilih, imam-imam yang melayani raja, bangsa yang kudus, khusus untuk Allah, umat Allah sendiri. Allah memilih kalian dan memanggil kalian keluar dari kegelapan untuk masuk ke dalam terang-Nya yang gemilang, dengan maksud supaya kalian menyebarkan berita tentang perbuatan-perbuatan-Nya yang luar biasa.”
‭‭1 Petrus‬ ‭2:9‬ ‭BIMK‬

“Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firman-Ku dan berpegang pada perjanjian-Ku, maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi. Kamu akan menjadi bagi-Ku kerajaan imam dan bangsa yang kudus. Inilah semuanya firman yang harus kaukatakan kepada orang Israel.””
‭‭Keluaran‬ ‭19:5-6‬ ‭TB‬‬

Saudara dan saya adalah bagian dari kerajaan dan sebagai seorang Imam yang agung. Identitas kita adalah bagian dari kerajaan para Imam yang sudah Tuhan panggil untuk melayani dan memimpin kehidupan yang kita jalani.

Jangan berfikir bahwa kita sangat berdosa / tidak bisa menjadi pemimpin atau imam, karena kita semua sama dimata Tuhan. Kita punya dosa namun Tuhan sudah melayakan kita untuk mendapat keselamatan dan mengambil bagian dalam kerajaan Tuhan.

What we do does not define who we are.
Apa yang kita lakukan tidak menentukan siapa kita.

“dan dari Yesus Kristus, saksi yang setia. Dialah yang pertama-tama dihidupkan kembali dari kematian dan Dialah penguasa atas raja-raja dunia. Yesus mengasihi kita, dan dengan kematian-Nya Ia membebaskan kita dari dosa-dosa kita, dan menjadikan kita suatu bangsa khusus imam-imam, yang melayani Allah, Bapa-Nya. Yesus Kristus itulah yang agung dan berkuasa untuk selama-lamanya. Amin!”
‭‭Wahyu‬ ‭1:5-6‬ ‭BIMK‬‬

Yesus datang kedunia untuk menebus dosa kita. Namun manusia sering menjadi insecure / tidak nyaman dalam keadaan didunia yang penuh dengan dosa untuk mengakui hal ini bahwa kita sudah dilayakan dengan kasih Tuhan.

“Tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya yang besar kepada kita dengan mengutus Kristus supaya mati untuk kita pada waktu kita hidup dalam dosa.”
‭‭Roma‬ ‭5:8‬ ‭FAYH‬‬

“Sebab, jika karena pelanggaran satu orang, maut telah berkuasa melalui satu orang itu, maka terlebih-lebih mereka, yang telah menerima kelimpahan anugerah dan karunia kebenaran, akan hidup dan berkuasa karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus.”
‭‭Roma‬ ‭5:17‬ ‭PBTB2‬‬

Tuhan sudah memberikan kepada kita karunia kebenaran. Kita tidak bisa mendapatkan begitu saja tanpa kasih karunia Tuhan yang ada dalam hidup kita.

“Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.”
‭‭2 Korintus‬ ‭5:21‬ ‭PBTB2‬‬

“Ia kemudian berkata, “Aku datang untuk melakukan kehendak-Mu.” Ia menghapuskan sistem pertama dan menggantikannya dengan yang jauh lebih baik. Menurut rencana yang baru ini, kita telah diampuni dan disucikan oleh kematian Kristus satu kali untuk selama-lamanya. Menurut perjanjian yang lama para imam setiap hari mempersembahkan kurban yang tidak pernah dapat menghapuskan dosa kita. Tetapi Kristus sekali saja memberikan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai kurban karena dosa kita dan pengurbanan ini berlaku untuk selama-lamanya. Kemudian Ia duduk di tempat kemuliaan tertinggi di sebelah kanan Allah,”
‭‭Ibrani‬ ‭10:9-12‬ ‭FAYH‬‬

Dalam ayat diatas kita bs lihat, para Imam memberikan kurban berkali2, namun Yesus hanya 1x memberikan kurban yang kudus dan itu menjadi karunia buat kita sampai selama nya.

Tuhan Yesus melayakan kita untuk menjadi Imam dalam kehidupan kita.
Tuhan Yesus memberikan kehidupan dan memenangkan kita untuk kita menjadi berhasil dalam hidup kita, dan 1 hal yang kita perlu ingat kalau Tuhan sedang mempersiapkan kita untuk menjadi kerajaan Nya kemanapun dan dimanapun kita diutus, dunia bisa melihat ada Yesus di dalam hidup kita.
Untuk menjadi saksi dan panutan sebagai perwakilan Tuhan, itu adalah tugas kita semua.

Ada 1 kata kunci dalam pelayanan seorang Imam yaitu Sacrifice / Pengorbanan.

“Sebab itu, datanglah kepada Tuhan. Ia bagaikan batu yang hidup, batu yang dibuang oleh manusia karena dianggap tidak berguna; tetapi yang dipilih oleh Allah sebagai batu yang berharga. Kalian seperti batu-batu yang hidup. Sebab itu hendaklah kalian mau dipakai untuk membangun Rumah Allah yang rohani. Dengan demikian kalian menjadi imam-imam, yang hidup khusus untuk Allah, dan yang melalui Yesus Kristus mempersembahkan kepada Allah, kurban rohani yang berkenan di hati Allah.”
‭‭1 Petrus‬ ‭2:4-5‬ ‭BIMK‬‬

Spiritual Sacrifice : kurban rohani yang berkenan di hati Allah, syarat nya adalah kita mau dipakai oleh Tuhan untuk hidup kita.

Kurban Rohani apakah yang dapat kita berikan kepada Tuhan?

“Karena itu, Saudara-saudara, oleh kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: Itulah ibadahmu yang sejati. Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaruan budimu, sehingga kamu dapat membedakan mana kehendak Allah: Apa yang baik, yang berkenan kepada-Nya dan sempurna.”
‭‭Roma‬ ‭12:1-2‬ ‭PBTB2‬‬

God Bless
www.grfaith.net

Written by : GR Faith

Subscribe To GRFaith Newsletter

BE NOTIFIED ABOUT NEW SERMONS OF THE WEEK

Thank you for your message. It has been sent.
There was an error trying to send your message. Please try again later.

Blessed to be a blessing

Leave A Comment