JPCC Sunday – 26 September 2021
By : Ps. Sidney Mohede
Follow | Planted to Love
Teladan Hidup
_______________________
Ayat Mingguan :
1 Petrus 2:9 (BIMK)
Tetapi kalian adalah bangsa yang terpilih, imam-imam yang melayani raja, bangsa yang kudus, khusus untuk Allah, umat Allah sendiri. Allah memilih kalian dan memanggil kalian keluar dari kegelapan untuk masuk ke dalam terang-Nya yang gemilang, dengan maksud supaya kalian menyebarkan berita tentang perbuatan-perbuatan-Nya yang luar biasa.
_______________________
Khotbah:

Dalam sebuah komunitas yang benar kita dapat mencapai sesuatu yang belum pernah bisa di capai sebelum nya.
Betapa pentingnya untuk kita belajar dalam komunitas untuk menjadi bagian didalam nya.

Sebuah komunitas bukanlah sekedar tentang titik lokasi kita namun tentang sumber informasi dan nilai kita.

Yohanes 17:15-18 (BIMK)
15 Aku tidak minta supaya Bapa mengambil mereka dari dunia ini, tetapi Aku minta supaya Bapa menjaga mereka dari si Jahat.
16 Sama halnya seperti Aku bukan milik dunia, mereka pun bukan milik dunia.
17 Jadikanlah mereka milik khusus Bapa melalui kebenaran; perkataan Bapa itulah kebenaran.
18 Seperti Bapa sudah mengutus Aku ke dunia, begitu juga Aku mengutus mereka ke dunia.

Kita ada didalam dunia, namun kita bukan berasal dari dunia, tapi dari sorga.

Roma 12:2 (BIMK)
Janganlah ikuti norma-norma dunia ini. Biarkan Allah membuat pribadimu menjadi baru, supaya kalian berubah. Dengan demikian kalian sanggup mengetahui kemauan Allah — yaitu apa yang baik dan yang menyenangkan hati-Nya dan yang sempurna.

Jika sekedar berkumpul dalam berkomunitas namun tidak ada perubahan hidup, berarti itu hanya sebuah perkumpulan sosial media saja.

Ikut komunitas berarti harus ada perubahan hidup yang dapat terlihat secara nyata.

Komunitas orang percaya secara keseluruhan memiliki sebuah tujuan yang agung, selain dari tujuan kehidupan pribadi kita sendiri.

Tujuan kita mengikuti komunitas orang percaya, kita belajar untuk menularkan kepada orang disekitar kita untuk menjadi perwakilan Kristus di dunia ini untuk menjadi contoh bagi orang di sekeliling kita untuk mengenal dan mengikuti Kristus.

Keyakinan kita akan menciptakan komunitas dari perbedaan individu menjadi 1 identitas dalam Yesus.

Matius 28:18-20 (BIMK)
18 Yesus mendekati mereka, dan berkata, “Seluruh kuasa di surga dan di bumi sudah diserahkan kepada-Ku.
19 Sebab itu pergilah kepada segala bangsa di seluruh dunia, jadikanlah mereka pengikut-pengikut-Ku. Baptiskan mereka dengan menyebut nama Bapa, dan Anak, dan Roh Allah.
20 Ajarkan mereka mentaati semua yang sudah Kuperintahkan kepadamu. Dan ingatlah Aku akan selalu menyertai kalian sampai akhir zaman.”

Amanat agung bagi kita semua untuk bisa melakukan misi bersama² untuk mendamaikan kembali dunia yang sudah terpurukdari dosa.

Matius 22:37-39 (BIMK)
37 Yesus menjawab, “Cintailah Tuhan Allahmu dengan sepenuh hatimu, dengan segenap jiwamu, dan dengan seluruh akalmu.
38 Itulah perintah yang terutama dan terpenting!
39 Perintah kedua sama dengan yang pertama itu: Cintailah sesamamu seperti engkau mencintai dirimu sendiri.

Kita bisa memulai amanat agung Tuhan dengan mulai menyebarkan kasih kepada orang disekitar kita.

Amanat agung tidak menjelaskan atau menggantikan Perintah Agung. Apa yang dilakukannya adalah menambahkan persyaratan untuk mengasihi sesama kita dan melayani sesama manusia.

Seorang guru yang biasa² saja sekedar memberi tahu. Seorang guru yang baik menjelaskan. Seorang guru yang unggul menunjukan. Namun seorang guru yang hebat menginspirasi

Kita hidup berkomunitas bersama untuk bertumbuh bersama, dan menghidupi ajaran Yesus sehingga kehidupan kita mencerminkan kehidupan Yesus yang nyata.

Kata² ajarlah orang² disekitar kita bukan sekedar mengajar / membagikan informasi saja, tapi mengembangkan orang² yang ada di sekitar kita, dengan cara menghidupi Firman Tuhan.

Kita harus bisa menjadi contoh untuk orang.
Kita adalah Alkitab yang sedang dibaca dunia,
kita adalah pernyataan iman yang dibutuhkan dunia,
kita adalah khotbah yang sedang diperhatikan dunia
-The late Billy Graham-

Untuk menjadi contoh dan menghidupi nilai² yang kita jalani itu jauh lebih sulit daripada teori dan mengutip ayat² saja.
Menjalani Firman itu bukan tugas salah orang saja, tapi tugas semua orang yang mengikuti paham kebenaran dan percaya Firman Tuhan.

Amanat Agung bukanlah tugas yang diberikan kepada seorang individu yang terisolasi, namun adalah sebuah identitas yang diberikan kepada sebuah komunitas
-Dr. Michael Goheen-

Kisah Para Rasul 1:8 (BIMK)
Tetapi kalian akan mendapat kuasa, kalau Roh Allah sudah datang kepadamu. Dan kalian akan menjadi saksi-saksi untuk-Ku di Yerusalem, di seluruh Yudea, di Samaria, dan sampai ke ujung bumi.”

Common Interest akan menjadi sebuah perekat dalam membangun komunitas pada praktek iman kita sehari².
Apakah dalam komunitas kita mengalami perubahan hidup?
Apakah kita menjadi buah dan terang disekitar kita?

1 Petrus 4:7-11 (BIMK)
7 Segala sesuatu sudah mendekati kesudahannya, sebab itu hendaklah kalian menguasai diri dan waspada, supaya kalian dapat berdoa.
8 Lebih daripada segala-galanya, hendaklah kalian sungguh-sungguh mengasihi satu sama lain, sebab dengan saling mengasihi kalian akan bersedia juga untuk saling mengampuni.
9 Hendaklah kalian menerima satu sama lain di rumah masing-masing, tanpa mengeluh.
10 Kalian masing-masing sudah menerima pemberian-pemberian yang berbeda-beda dari Allah. Sebab itu sebagai pengelola yang baik dari pemberian-pemberian Allah, hendaklah kalian menggunakan kemampuan itu untuk kepentingan bersama.
11 Orang yang menyampaikan berita, haruslah menyampaikan berita dari Allah; orang yang melayani orang lain, haruslah melayani dengan kekuatan yang dari Allah, supaya dalam segala hal, Allah dapat diagungkan melalui Yesus Kristus. Dialah yang berkuasa dan patut diagungkan untuk selama-lamanya. Amin.

Cara termudah dan tercepat dalam mengerjakan amanat agung untuk menjadi dampak adalah dimulai dengan mulai bersungguh² mengasihi dan melayani orang di sekeliling kita sesuai dengan karakter Yesus.

Kita adalah garam dan terang dunia.

Matius 5:14-16 (BIMK)
14 Kalian adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas bukit tidak dapat disembunyikan.
15 Tidak ada orang yang menyalakan lampu, lalu menutup lampu itu dengan tempayan. Ia malah akan menaruh lampu itu pada tempat lampu, supaya memberi terang kepada setiap orang di dalam rumah.
16 Begitu juga terangmu harus bersinar di hadapan orang, supaya mereka melihat perbuatan-perbuatanmu yang baik, lalu memuji Bapamu di surga.”

Bangunlah hubungan dimanapun kita berada, untuk menjadi terang dan garam sehingga orang banyak melihat bagaimana kehidupan kita menjadi terang buat orang banyak.
Sebuah komunitas adalah tentang sumber informasi dan nilai yang kita jalani.

Berinteraksi dan berteman dengan berbagai komunitas kita perlu menunjukan teladan dan nilai yang kita hidupi dengan benar sehingga banyak orang yang melihat ada sesuatu yang berbeda dengan orang lain.

Inti nya adalah Menjadi sama seperti Kristus dalam setiap laku kehidupan yang kita jalani sehari², menyebarkan kasih dan menjadi menjalani Firman dengan benar.

Saya mau hidup sedemikian rupa sehingga mereka yang mengenal saya tetapi tidak mengenal Yesus, akan mengenal Yesus melalui hidup yang saya lakukan.

Bersama² memuji dan menyembah Yesus setiap saat dan menghidup injil dalam kehidupan kita sehari².
Menjadi dampak untuk lingkungan hidup kita sehari².

God Bless
www.grfaith.net

Written by : GR Faith

Subscribe To GRFaith Newsletter

BE NOTIFIED ABOUT NEW SERMONS OF THE WEEK

Thank you for your message. It has been sent.
There was an error trying to send your message. Please try again later.

Blessed to be a blessing

Leave A Comment